Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 75-76 Keburukan Ahli Kitab
Senin, 27 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 75-76 – Keburukan Ahli Kitab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 25 Rajab 1444 H / 16 Februari 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 75-76 – Keburukan Ahli Kitab

وَمِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مَنْ إِن تَأْمَنْهُ بِقِنطَارٍ يُؤَدِّهِ إِلَيْكَ وَمِنْهُم مَّنْ إِن تَأْمَنْهُ بِدِينَارٍ لَّا يُؤَدِّهِ إِلَيْكَ إِلَّا مَا دُمْتَ عَلَيْهِ قَائِمًا ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا لَيْسَ عَلَيْنَا فِي الْأُمِّيِّينَ سَبِيلٌ وَيَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُونَ ‎﴿٧٥﴾‏ بَلَىٰ مَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِ وَاتَّقَىٰ فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ ‎﴿٧٦﴾

“Dan di antara Ahli kitab ada yang kamu percayai dengan qinthar, dan ia mengembalikannya kepada engkau; dan di antara mereka ada yang kau percayai dengan satu dinar saja tetapi tidak mengembalikannya kepada engkau, kecuali jika engkau terus menagihnya. Yang demikian itu karena mereka berkata: ‘tidak ada dosa atas kami kepada orang-orang yang buta huruf.’ Mereka berkata atas nama Allah dengan dusta, dan mereka mengetahui. Yang sebenarnya barang siapa orang yang menunaikan janjinya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 75-76)

Dalam ayat ini Ahlul kitab terbagi menjadi dua, ada yang bisa dipercaya dan ada yang berkhianat. Sebagaimana juga mereka terbagi dua, ada yang mukmin ada yang kafir. Contohnya seperti Abdullah bin Salam Radhiyallahu ‘Anhu yang dulu adalah pendetanya Yahudi. Kemudian Allah memberikan hidayah kepadanya dan dia masuk Islam.

Contoh Yahudi yang kafir adalah Ka’ab bin Ashraf. Dimana dia terus dalam kekafirannya dan tidak beriman.

Sebagaimana orang Yahudi terbagi menjadi dua; ada yang beriman ada yang kafir, mereka juga terbagi dua; ada yang bisa dipercaya dan ada yang berkhianat.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bermuamalah dengan orang Yahudi. Dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam meninggal sedangkan baju besinya digadai kepada orang Yahudi. Ini menunjukkan bahwa di antara orang Yahudi ada yang bisa dipercaya. Kalau tidak dipercaya bagaimana Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menggadaikan baju besinya kepada laki-laki Yahudi?

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52745-tafsir-ali-imran-ayat-75-76-keburukan-ahli-kitab/